Pages

Sponsor

Kamis, 04 Agustus 2011

MEMBUAT PENGULANGAN BERSYARAT

Ini hampir mirip dengan panduan sebelumnya tentang pengulangan, namun kali ini kita menetapkan syarat yang lebih spesifik. Jika menggunakan for, syarat yang berlaku mungkin syarat matematis saja. Sedangkan jika meminta syarat lain tentunya tidak bisa.
Untuk itu, kita menggunakan WHILE sebagai pengganti FOR apabila kita menginginkan pengulangan bersyarat. Biasanya while ini dipakai untuk memeriksa nilai secara berulang-ulang. Contoh yang paling sering dipakai adalah memeriksa apakah username yang dipilih pengunjung belum ada yang memakai sebalumnya. Atau kalau di WordPress, while ini dipakai untuk menampilkan list postingan artikel.
Biar paham, kita buat contoh aja yuk
  1. <?php  
  2. $i = 10  
  3. while ($i <= 1000) {  
  4.      echo $i.'<br/>';  
  5.      $i = $i*5;  
  6. }  
  7. ?>  
Jika dijalankan, kode itu akan menghasilkan angka 10 lalu 50, 250, … dst hingga 1000. Di contoh tersebut, kita menetapkan syarat yaitu nilai $i harus kurang dari atau sama dengan 1000. Jadi, selama nilai $i tetap di bawah 1000 script akan terus diulang-ulang. Andaikata kita buat syaratnya misalnya $i!=999 maka script tidak akan berhenti karena syarat $i tidak sama dengan 999 akan selalu terpenuhi.
Maka anda harus berhati-hati dalam menentukan syarat. Harus tahu pasti kapan script boleh berhenti. Kan kasihan dia munyer terus ndak berhenti-berhenti.. hehehe…
Oke, insya Allah ketemu lagi besok dengan panduan yang lebih menantang. Sampai sekarang kan cuma bahas teori-teori doang ya hehehe… Insya Allah panduan ke depan kita coba main-main dikit dengan PHP biar Tidak bosan

Incoming search terms:

  • menggabungkan halaman lain menggunakan iframe
  • qzoners
Related posts:
  1. Membuat Pengulangan
By: wahyu31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chitika